Ini Komponen Bermasalah pada Pajero Sport, Delica juga Lancer

  • Senin, 6 Juni 2016 21:30 WIB

ilustrasi Airbag Mitsubishi | Istimewa

Jakarta - Sejumlah mobil-mobil penumpang andalan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dikenakan kampanye penarikan kembali (recall) untuk mengganti komponen yang dianggap bermasalah.

Sedikitnya, berdasarkan siaran pers KTB, ada empat komponen yang bermasalah, dan terdapat pada mobil-mobil seperti Pajero Sport, Triton, Delica, sampai Lancer, dengan jumlah total lebih dari 124.435 unit.


Inflator Airbag

Kemungkinan karena menggunakan merek Takata, sehingga mengalami masalah yang sama dengan jutaan unit mobil-mobil dari berbagai merek di seluruh dunia. 

Inflator Airbag dianggap bermasalah karena saat mengembang bisa menyemburkan serpihan partikel keras yang tentu saja bisa menyebabkan pengemudi dan penumpang cidera, bukannya malah melindungi dari benturan.

KTB mengaku masih menginvestigasi penyebab serpihan partikel airbag tersebut bisa terlepas bersamaan dengan mengembangnya airbag, namun penggantian komponen dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Lama perbaikan diklaim kurang dari satu jam.

Inflator Airbag bermasalah terjadi pada Strada Triton Exceed & GLS AB, produksi 2006-2014 sebanyak 10.927 unit, Lancer GLX & SEI buatan 2007-2010 dengan total 61 unit.


Combination Switch

Combination Switch
ilustrasi Combination Switch

Ada gesekan kecil yang terjadi di dalam terminal saat mengaktifkan tuas lampu sein dan tuas wiper, sehingga membuat komponennya aus dan mengakibatkan saklar bekerja tidak sempurna.

Efeknya, selain lampu sein, foglamp, juga lampu utama bisa kadang-kadang tidak menyala. Begitu juga dengan kerja wiper yang bisa tidak optimal merespon pergeseran tuas.

Reporter : Bagja
Editor : Bagja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×