Rabu,8 Maret 2017 12:30 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Geneva Motor Show 2017

Honda Civic Type R Akan Membuat Civic Turbo Anda Terlihat Membosankan

Foto: Honda

Tampilan mengintimidasi, tenaga 316 dk dari mesin 2.0 L VTEC Turbo, hingga mode +R akan membuat Honda Civic Type R versi produksi ini menjadi hot hatch impian yang bisa dibeli ‘kaum normal’

Geneva - Sebelumnya dipamerakan versi prototype di Paris Motor Show 2016 bulan September lalu, kini versi produksinya menyita perhatian Geneva Palexpo di event Geneva International Motor Show 2017.

Bahkan dibanding sportscar lebih mahal dan eksotik lainnya di pameran, Honda Civic Type R ini bisa dibilang terlihat paling agresif. Lihat saja, mana lagi yang mendapat diffuser belakang dan spoiler sebesar Civic ini?

Honda Civic Type R ini memasuki generasi kelima dengan kode bodi FK8, dijamin akan membuat Civic Turbo FC1, FC2 dan FK7 anda terlihat membosankan bila dibandingkan dengan versi sangarnya ini.

Honda Civic Type R
Basisnya diambil dari Civic Hatchback, namun berpenampilan jauh lebih agresif dengan parts aerodinamika berukuran masif

Seperti sebelumnya, Civic Type R dirancang dari awal untuk menghasilkan rasa mengemudi layaknya hot-hatch sejati baik di atas aspal maupun trek.

Dibanding Civic Turbo standar, Type R menggunakan per, damper dan bushing eksklusif. Di depan, suspensi dual-axis digunakan dengan lower arms aluminium dan steering knuckle yang diklaim kemampuan menikung dan menurunkan kemungkinan torque steer khas penggerak roda depan bertenaga besar.

Digunakan juga Adaptive Suspension System dengan damper three-chamber pada keempat roda dan dapat diubah ke tiga mode pengaturan berbeda. Electric Power Steering tipe dual-pinion juga menggunakan tipe adaptif dengan rasio gir variabel, yang dikombinasikan ke limited-slip differential di depan berbentuk helical.

Honda Civic Type R
Andalkan pelek 20 inci dengan ban Continental ContiSportContact 6 245/30R20, menggunakan rem cross-drilled Brembo 4-pot dengan kaliper aluminium dengan diameter 350 mm di depan dan di belakang 305 mm

Hasil dari seluruh revisi bodi dan rangka, Civic Type R anyar ini memiliki nilai rigiditas torsional 38 persen lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Sementara kap mesin aluminium juga membuatnya lebih ringan 7 kg dibanding Civic Hatchback biasa.

Namun bintang utamanya adalah yang ada di bawah kap aluminium tersebut. Mesin 2.0 L 4-silinder segaris dengan teknologi direct injection, turbocharger dan i-VTEC dapat menghasilkan tenaga 316 dk dan torsi 400 Nm. Tak ingin mengecewakan purist, Honda hanya menyediakan transmisi manual 6-percepatan.

Honda Civic Type R
Interior dibuat lebih sporty dengan tema hitam-merah dan panel-panel carbon fibre
Honda Civic Type R
Jok Type R sudah meggunakan tipe bucket untuk grip pengemudi dan penumpang maksimal

Mengontrol respon mesin, transmisi, setir juga damper adalah tiga mode berkendara yang bisa dipilih menggunakan tombol di konsol tengah. Pengemudi bisa memilih mode ‘Comfort’ untuk mengubah setiap parameter di atas menjadi lebih cocok untuk perkotaan, ‘Sport’ bila ingin lebih agresif dan ‘+R’ untuk mode yang lebih fokus untuk penggunaan di sirkuit.

Honda Civic Type R akan mulai diproduksi pada musim panas tahun 2017 oleh Honda of the UK Manufacturing (HUM) di Swindom, Inggris, dan akan diekspor ke berbagai negara termasuk Jepang dan untuk pertama kalinya menerima Type R, Amerika Serikat.

Honda Civic Type R
Ada mode berkendara 'Comfort', 'Sport' dan '+R'

EDITOR

rio

Top