Harga Honda Brio RS CVT Jadi Rp 178 Juta, Masih Worth It?

  • Selasa, 14 Maret 2017 12:30 WIB

Dengan tampilan modern, fitur berlimpah dan menyenangkan untuk dikemudikan, apakah kenaikan harga Rp 3 jutaan masih membuat Honda Brio RS pantas dipertimbangkan di kelasnya? | Rian/otomotifnet

Jakarta - Otomotifnet masih ingat ketika mengetes lebih dalam Honda Brio RS bulan Agustus 2016 lalu. Dengan harga Rp 174,7 juta, membuatnya jadi salah satu city car paling terjangkau dengan performa mumpuni dan fitur berlimpah.

Kini melihat website PT Honda Prospect Motor, ternyata harganya sedikit melonjak menjadi Rp 178 juta. Masih worth it kah?

Tentu saja!

Meski mengalami kenaikan harga, harus diingat Honda Brio RS merupakan varian flagship dari line-up Brio. Coba lihat para pesaingnya, justru dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal.

Misalnya, varian flagship dari Hyundai Grand i10 X, yaitu varian A/T dibanderol Rp 196,5 juta. Kemudian All New Kia Picanto Platinum seharga Rp 196 juta, Proton Iriz 1.3 CVT Rp 185,283 juta, Mitsubishi Mirage Exceed CVT seharga Rp 197,5 juta dan New Nissan March 1.2 High A/T Rp 198 juta.

Bahkan satu-satunya pesaing Brio RS yang harganya paling mendekati adalah Daihatsu Sirion 1.3 FMC A/T Sport, itu pun masih lebih mahal di angka Rp 182,025 juta.

Test Drive HONDA BRIO RS CVT
Interior tergolong lengkap di kelasnya, lihat saja fascia tengah yang padat dan setir dengan pengontrol audio

Berkat dirakit lokal (CKD), Honda Brio RS bisa memiliki harga lebih terjangkau dan tetap memiliki fitur yang krusial, seperti rem dengan ABS dan EBD, head unit layar sentuh hingga wiper belakang.

Bila dijabarkan lebih detail, Brio RS juga memiliki pengaturan AC digital yang tampil keren sekaligus bisa mengubah arah aliran ke bawah. Ada juga tombol audio di setir dan sudah tersedia 4 speaker dengan tweeter.

Tidak lupa feel setir EPS (Electric Power Steering) yang tergolong akurat untuk di kelasnya, tetap dengan radius putar ramah lingkungan sempit di 4,5 meter.

Belum perfect memang, seperti misalnya body roll masih tergolong tinggi padahal suspensi di varian RS ini diklaim lebih keras dibanding pada New Brio Satya. Kemudian jok depan dengan headrest terintegrasi terlihat seperti LCGC, juga tombol buka jendela pengemudi yang bertuliskan ‘Auto’ ternyata tidak bisa auto up.

Tak apalah, toh tampilan luar dengan lampu proyektor dan pelek 15 inci dual tone membuatnya menarik untuk dipandang. Saran kami, lirik Honda Brio RS CVT Limited yang memiliki warna kuning mencolok, jok berbahan kulit sintetik dengan motif menarik, bodykit dan cukup hanya menambahkan Rp 1,2 juta saja dari varian standarnya.

Data Spesifikasi Honda Brio RS CVT
Data Spesifikasi Honda Brio RS CVT
Data Tes Honda Brio RS
Data Tes Honda Brio RS

 

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : rio

Tags :

#Honda

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×