Chevrolet Spark 1.4L Punya HSA, Tak Usah Takut Berhenti di Tanjakan

  • Jumat, 19 Mei 2017 20:38 WIB

Dengan sistem Hill Start Assist, rem Chevrolet Spark bisa ditahan untuk beberapa waktu sehingga tidak gelinding turun di tanjakan | Fransiscus Rosano

Bandung - Dalam kesempatan yang diberikan PT General Motors Indonesia, Otomotifnet mencoba menjajal city car terbaru keluaran brand Amerika Serikat tersebut, All New Chevrolet Spark.

Selain kini dibekali mesin Ecotec 1.4L dengan kapasitas 1.399 cc bertenaga 97 dk dan torsi 124 Nm, Chevrolet Spark 1.4L yang diimpor dari Korea Selatan ini juga dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang tergolong mewah di kelasnya. Yang kami maksud, tentu adalah electronic stability control (ESC) dan Hill Start Assist (HSA).

Nah enaknya punya fitur yang kedua, HSA, kini pengemudi tak perlu khawatir lagi bila harus berhenti di tanjakan. Mengapa?

Seperti yang dijelaskan oleh buku manual pesaing Honda Brio RS, Mitsubishi Mirage dan Nissan March 1.2L tersebut, Hill Start Assist merupakan sistem yang membantu mencegah gerakan yang tidak diinginkan saat berkendara di jalan mendaki.

undefined
Tak lagi terlihat seperti amatir di tanjakan karena tidak gelinding mundur

Kebetulan rute yang dipilih untuk sesi test drive kali ini adalah jalan mendaki Lembang - Tangkuban Parahu, sehingga cocok agar kami menguji sistem ini.

Cara kerjanya, cukup lepaskan pedal rem ketika sedang berhenti di jalan mendaki. HSA akan menahan rem agar tetap di posisinya selama dua detik, sehingga dalam waktu yang diberikan pengemudi dapat memindahkan kaki kanannya dari pedal rem ke pedal gas.

Enak ya? Tidak usah bingung, karena HSA memang tidak menyediakan indikator apapun ketika aktif.

Uniknya selain memanfaatkan Hill Start Assist, transmisi CVT (Continously Variable Transmission) dari Chevy Spark anyar ini ternyata juga memiliki manfaat ekstra ketika bertemu tanjakan.

Setelah kami coba aktifkan HSA, 2 detik berlalu usai pedal rem kami lepas dan terasa bahwa rem sudah tidak diaktifkan oleh HSA, namun laju CVT ketika tuas transmisi di D tetap menahan agar mobil tidak gelinding mundur atau tidak perlahan maju. Ya, kondisi ini kami juga uji ketika melewati tanjakan yang cukup curam.

Jadi, tak usah takut lagi kan berhenti di tanjakan dengan All New Chevrolet Spark?

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : Fransiscus Rosano

Tags :

#Chevrolet

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×