BMW M3 dan M4 Kurang Cepat? Ambil Versi Alpina B3 S dan B4 S Bi-Turbo Saja

  • Senin, 6 Maret 2017 11:00 WIB

Bermesin sama, Alpina B3 S dan B4 S mengalami kenaikan tenaga 7 persen dan torsi 10 persen dibanding BMW M3 dan M4 standar | Alpina

Buchloe - BMW M3 dan M4 merupakan sepasang sedan buas keluaran Munich. Jika ada yang kurang dari duet Jerman tersebut, tenaga jelas bukan salah satunya.

Well, ternyata tidak begitu menurut Alpina.

Berpengalaman dari tahun 1965 untuk mentransformasi mobil produksi BMW menjadi sesuatu yang lebih buas lagi, kini giliran BMW M3 dan M4 yang mendapat sentuhan modifikator yang nama lengkapnya adalah Alpina Burkard Bovensiepen GmbH & Co. KG ini.

Alpina
Alpina B3 S dan B4 S Bi-Turbo tersedia dalam berbagai varian, termasuk station wagon seperti ini

Menggunakan mesin sama dengan BMW M3 dan M4 standar, yaitu S55 6-silinder segaris dengan twin-turbo berkapasitas 2.979 cc, namun Alpina melengkapinya dengan unit turbocharger baru dan sistem pendinginan yang dibuat lebih baik. Hasilnya?

Kini Alpina B3 S dan B4 S Bi-Turbo memiliki tenaga lebih besar 7 persen dan torsi 10 persen dibanding BMW M3 dan M4. Dalam angka, tenaga totalnya menjadi 434 dk dan torsi 660 Nm!

Meski angka 0-100 km/jam tidak bertambah cepat, yaitu tetap di 4,2 detik, namun kecepatan maksimalnya naik drastis menjadi 305 km/jam dari sebelumnya 280 km/jam.

Alpina
Seperti Alpina lainnya, interior akan mendapat bagde khusus dari modifikator Jerman ini

Selain mesin, Alpina B3 S dan B4 S Bi-Turbo juga mendapatkan suspensi yang diracik ulang serta remapping software transmisinya. Sedangkan dari segi eksterior, bodykit dan pelek khusus membuatnya berbeda dari BMW M3 dan M4 standar.

Alpina B3 S dan B4 S Bi-Turbo akan tersedia dalam varian sedan, station wagon, kupe dan convertible dan akan dipajang di Geneva Motor Show 2017 beberapa hari ke depan.

Reporter : Fransiscus Rosano
Editor : Otomotif R4

Tags :

#BMW

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×