Kamis,16 Maret 2017 16:45 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Berikut Detail Perubahan di Honda City Facelift Versi Indonesia

Foto: Rizky Apriyandi

New Honda City mengalami perubahan di eksterior, interior dan juga fitur. Berikut perubahan lengkapnya

Jakarta - Hari ini (16/3), PT Honda Prospect Motor resmi meluncurkan New Honda City dan New Honda Odyssey dalam event yang diadakan di Grand Ballroom Kempinski, Sudirman, Jakarta Pusat.

Yang lebih menarik perhatian Otomotifnet tentunya adalah New Honda City, karena facelift yang dibawa bagi City yang awalnya diluncurkan pada tahun 2014 tersebut membawa cukup banyak perubahan.

Kini tak lagi ada varian E dan ES, hanya tersisa dalam satu varian dengan transmisi manual dan CVT (Contionusly Variable Transmission).

Apa saja?

Eksterior

Honda City Facelift
Takehiro Watanabe, Presiden Direktur baru PT Honda Prospect Motor dengan Honda Civic... Ups, City maksudnya, mirip sih!

Paling mencolok adalah dari segi eksterior. Seperti yang bisa dilihat dari Januari 2017 awal karena terlebih dahulu meluncur di Thailand, kini New Honda City makin dibuat seperti Civic Turbo berkat desain Solid Wing Face yang disegarkannya.

Dari depan, ada headlights baru yang kedapatan DRL di bagian bawahnya dengan sumber penerangan lampu utama LED untuk high beam dan low beam, seperti yang ditemukan pada versi hatchback-nya, Jazz.

Honda City Facelift
Lampu depan sudah LED untuk DRL, low beam dan high beam

Kemudian gril krom kini terlihat lebih tipis, menyisakan ruang lebih banyak di bawahnya untuk pola honeycomb sehingga bagian depan terlihat lebih besar dan dewasa. Desain bumper juga berubah, rumah foglamp justru mengecil dibanding sebelumnya untuk memberi ruang gril radiator lebih besar sehingga terlihat lebih agresif.

Tak banyak perubahan di samping, namun paling mencolok adalah pelek yang digunakan. Masih menggunakan diameter 16 inci, namun motif yang digunakan berubah dari ‘kipas’ kini menjadi diamond cut, masih dengan kelir dual tone.

Honda City Facelift
Kini pakai pelek 16 inci dengan motif diamond cut baru dan dipasangkan ke ban Bridgestone Turanza 185/55R16

Sementara di belakang, sayang sekali hanya yang mengubahan bumper belakang yang kini memiliki porsi skid hitam lebih besar.

Model lampu belakang yang menggunakan tipe combination dengan positioning lamp LED, serta spoiler kecil seperti ducktail juga ditambahkan dengan HMSL (High Mount Stop Lamp) seperti di Malaysia dan India sayang sekali tidak dibawa.

Honda City Facelift
Perbedaan di belakang hanya bumper yang baru, sayang lampu dan spoiler barunya tidak dibawa
Honda City Facelift
Masih menggunakan lampu halogen yang sama, versi LED-nya tidak dibawa nih!

 

Interior

Honda City Facelift
Sulit mencari perbedaan dibanding City yang sempat disegarkan di IIMS 2016, ini ada bahan soft touch di dasbor bagian kiri

Tak banyak yang berubah di dalam, hanya ditekankan pada bahan-bahan yang digunakan seperti misalnya panel di atas dasbor sebelah kiri diberi kelir garnis gunmetal.

Bahan fascia tengah piano black masih digunakan, hanya saja kini mengakomodasi head unit tipe floating baru berkuran 8 inci, seperti yang digunakan Jazz. Instrument cluster masih dengan model sama, namun warna lampu di lingkarannya disegarkan dengan warna putih.

Honda City Facelift
Bahan fabric jok diperbarui, bagian pinggir menggunakan bahan lembut

Sementara bahan jok kini kedapatan motif baru, masih berbahan fabric.

 

Fitur

Seperti Jazz RS, New City juga kedapatan sistem hiburan kabin baru, dengan head unit tipe floating dengan ukuran layar sentuh 8 inci yang menonjol keluar dari frame fascia tengah.

Honda City Facelift
Sebenarnya head unit floating ini sudah digunakan di City ES semenjak IIMS 2016. Berukuran 8 inci, bisa diangkat bila ingin memasukkan CD. Terdapat fitur seperti HDMI untuk smartphone mirroring

Ada juga Auto Retractable Door Mirroring with LED Turning Signal, sehingga spion kini dapat otomatis terlipat ketika dikunci via remote.

Di luar fitur-fitur baru tersebut, tentu masih ada andalan sebelumnya seperti Auto AC dengan Smart Touch, tombol pengontrol audio di setir, passive keyless entry dengan tombol Start/Stop Engine, cruise control dan ECON.

Honda City Facelift
Auto Retractable Mirror akan otomatis melipat spion ketika pintu dikunci

Sayangnya karena hanya menjadi satu varian, fitur keselamatan kehilangan 4 airbags dari varian ES sebelumnya, kini menjadi dua airbags saja. Sedangkan sisanya seperti VSA (Vehicle Stability Assist), Brake Overide System, Hill Start Assist, Pedestrian Protection hingga yang lebih standar seperti bodi G-CON+ACE dan ABS, EBD serta BA masih ada.

 

Harga

Berikut perubahan harga New Honda City dibanding versi sebelum facelift-nya:

Varian City New City
E Rp 308,2 juta Rp 312 juta (M/T)
E CVT Rp 318,2 juta Rp 322 juta (CVT)
ES CVT Rp 338,3 juta discontinued

 

EDITOR

rio

Top