Sabtu,4 Maret 2017 09:55 WIB

Penulis: Fransiscus Rosano

Belum Pernah Naik Proton Iriz? Ini 10 Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Foto: Rizky Apriyandi

Dibuat di Malaysia, Proton Iriz memliki beberapa perbedaan mendasar dibanding mobil Jepang yang biasa dikemudikan masyarakat Indonesia. Ini 10 daftarnya

Jakarta - Sudah pernahkah naik Proton? Bagaimana dengan line up terbarunya, Proton Iriz?

Bila biasa mengemudikan mobil keluaran pabrikan Jepang, anda akan menemukan beberapa hal unik yang ketika pertama kali mencicipi ‘kereta’ ciptaan Negeri Jiran ini.

Beberapa di antaranya bahkan mungkin akan membuat kepala anda terheran-heran mencari. Misalnya saat ingin menurunkan sandaran jok atau membuka kunci pintu yang memiliki posisi unik. Dan anda tidak akan menemukan daftar ini di brosur, kami jamin setelah membacanya anda akan mengenal Proton Iriz yang dibanderol Rp Rp 175,25 juta untuk varian M/T dan Rp 185,283 juta untuk CVT.

Yuk, langsung cek 10 hal yang perlu anda ketahui tentang Proton Iriz di bawah ini:

1. Tombol Lock di Dasbor

Proton Iriz
Tombol lock di dasbor

Mau kunci atau buka kunci mobil? Jangan cari di pintu, karena letaknya ada di fascia tengah, tepat di bawah head unit. Untungnya, ada auto lock yang otomatis mengunci ketika Iriz mencapai 20 km/jam, sehingga tak perlu kebingungan mencari setiap ingin menguncinya.

 

2. Posisi Tuas Wiper dan Lampu

Proton Iriz
Posisi tuas wiper dan lampu

Tuas wiper dan lampu pada Proton Iriz lebih mirip dengan mobil Eropa, yaitu lampu sein dan lampu utama di kiri dan wiper di kanan. Sayangnya tuas lampu masih konvensional, sehingga belum ada one touch triple turn signal. Oh iya, di Proton Iriz ini juga tidak ada wiper belakang ya.

 

3. Tuas High Beam

Proton Iriz
Tuas lampu high beam

Seperti Mitsubishi, tuas lampu high beam akan aktif terus saat ditarik, kecuali tuasnya ditarik sekali lagi barulah non aktif.


4. Tombol Pengatur MID

Proton Iriz
Tombol pengatur MID

Mau me-reset data Trip A atau konsumsi rata-rata di MID (Multi Information Display), namun tidak menemukan tombol apa-apa di instrument cluster? Ternyata, tombolnya ada di ujung tuas wiper!
Sayangnya, kualitas tombol ini tidak terasa baik di tangan. Bonusnya, MID memiliki tiga data tripmeter loh! (Trip A, Trip B, Trip C).


5. Tidak Ada Auto Up

Proton Iriz
Tidak ada Auto Up

Meski tombol power window pengemudi betuliskan ‘AUTO’, sebenarnya ini hanya dimaksudkan untuk jendela otomatis turun saja dengan satu sentuhan karena fungsi auto up tidak ada, alias harus menahan tombolnya secara manual untuk menutupnya.

 

6. Ada Pengatur Ketinggian

Proton Iriz
Ada pengatur ketinggian jok

Untuk sebuah hatchback kecil (meski berukuran besar), Proton Iriz cukup baik untuk melengkapi jok pengemudinya dengan tuas pengatur ketinggian. Uniknya, tuas pengubah sudut recline atau sandaran diletakkan jauh di belakang dan sulit dijangkau, bahkan harus ditarik ke arah terbalik untuk mengubahnya.


7. Spidometer Terlihat Kecil

Proton Iriz
Instrument cluster Proton Iriz

Meski Proton Iriz memiliki ukuran cukup gambot dengan wheelbase melebihi Honda Jazz dan Toyota Yaris, anda akan terasa menapak ke sebuah mobil kecil ketika duduk di depan. Hal ini karena ukuran spidometer yang berlebih mungil, meski yang menarik anda akan melihat angka di spidometer dibatasi sampai 240 km/jam di sini.

 

8. Tidak Ada Headrest Belakang

Proton Iriz
Jok belakang Proton Iriz

Tertarik beli Proton Iriz untuk jadi penumpang sehari-harinya? Kami sarankan urungkan lagi niat anda, karena legroom di belakang tidak seluas itu untuk ukuran yang dimilikinya. Bahkan, tidak ada headrest adjustable di belakang sehingga kepala harus sedikit menghadap ke atas saat bersandar.

 

9. MID Dengan Indikator Pintu

Proton Iriz
Multi information display Proton Iriz

Selain memiliki tiga tripmeter, MID Proton Iriz tergolong cukup lengkap. Misalnya, indikator tiap pintu mana yang sedang terbuka, kemudian indikator yang memperingati anda untuk mematikan lampu ketika masih menyala saat kunci dicabut, hingga pengingat servis rutin.

 

10. Electronic Release

Proton Iriz
Bagasi Iriz memiliki electronic release

Bagasi Proton Iriz telah dilengkapi electronic release, sehingga tinggal menekan tombol hitam di balik pintu, maka akan terdapat suara motor yang membuka kunci bagasi tersebut. Hanya rilisnya saja yaa yang pakai motor, bukan proses buka pintu bagasinya.

EDITOR

rio

Top