3 Alasan Honda Freed Terbaru Sulit Dijual di Indonesia

  • Jumat, 12 Agustus 2016 13:00 WIB

Honda Freed | Honda

Tangerang - Honda Prospect Motor sudah menghentikan produksi dari Honda Freed. Namun, bukan berarti karena bakal ada yang baru seperti di Jepang. Ada sejumlah alasan kalau Honda Freed terbaru bakal sulit dipasarkan.

Ada beberapa penghambat untuk menghadirkan Honda Freed model baru untuk Indonesia. Pertama soal desain barunya yang masih terlihat boksi. Honda sendiri sudah mengakui kalau masyarakat Indonesia kurang suka mobil boksi.

Kedua usungan mesinnya. Honda Freed model baru pakai mesin berkapasitas 1.5 liter yang berpadu dengan teknologi PORT HYBRID i-DCD dan 1,5 liter i-VTEC. Model hybrid akan memiliki transmisi dual-clutch 7-speed.

Mesin tersebut memang oke, namun untuk dipasarkan di Indonesia rasanya agak sulit. Selain faktor harga jualnya, juga edukasi ke konsumen yang lebih membutuhkan effort lebih dibanding mesin konvensional.

Ketiga pasarnya yang terus mengecil. Sejak petama hadir sampai tahun ini, penurunan drastis penjualan Honda Freed terus terjadi di Indonesia. Karenanya, agak sulit bagi Honda memutuskan untuk kembali menjual Freed di Indonesia.

"Ya untuk apa kita mempertahankan kalau memang pasarnya sudah tidak mau? Kalau mau dilanjutkan pun agak sulit, karena secara volume pun kurang. Karenanya untuk saat ini, kita tidak berfikir untuk lanjut," ujar Direktur Marketing dan Aftersales Service HPM, Jonfis Fandy.

Reporter : Bagja
Editor : Bagja

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×