Toyota Great Corolla vs Toyota Absolute Corona: Modifikasi USDM vs EUDM, Tapi Interior Sama-sama JDM

  • Minggu, 16 Juli 2017 14:00 WIB

USDM VS EUDM | Kyn/otomotifnet

Jakarta - Kedua sedan buatan Toyota ini cukup terkenal di jagad modifikasi Indonesia. Pasalnya, keduanya memang fanatik dengan parts OEM versi luar Indonesia. Jangan tanya soal perjuangannya untuk mendapatkan komponen itu ya! 

Adalah Aris Zul dengan Toyota Great Corollanya dan Iwan Sadono dengan Absolute Coronanya. Jika Aris memilih gaya Greco yang ada di Amerika (USDM), maka Iwan memilih menjadikan Absolute Coronanya semirip mungkin Toyota Carina yang beredar di benua Eropa (EUDM). Wuiihhhh…

Tetap ada perbedaannya. Jika Iwan setia dengan aliran versi ‘brosur’, maka Aris masih tergoda untuk ganti pelek racing aftermarket. “Tapi setelah lihat mobil mas Iwan, sepertinya saya mau full orisinal juga deh, hahaha!” gelak Aris.  

Penasaran apa saja yang mereka lakukan? Ini ceritanya.

1. Great Corolla

Awalnya Aris sempat bingung mau dibuat gaya apa. Modifikasi ini berawal setelah ia browsing. "Saya lihat Greco keren banget pakai bumper 'monyong' gitu, belum tahu tuh kalau itu versi USDM (Amerika). Saya pun mulai cari tahu yang jual bumper ini," ujar pria 37 tahun ini. 

Tak lama, ia berhasil mendapatkan bumper set versi USDM berikut lampu belakang dalam kondisi NOS. Enggak cuma bumper yang sudah diganti versi Amerika, bahkan fog lamp OEM Greco USDM pun sudah terpasang. Kemudian head lamp, corner lamp dan gril juga ikut diganti.

undefined

“Grilnya juga versi USDM,” jelasnya. Bahkan stop lamp-nya ikut diganti dengan versi USDM, karena memang beda. 

Untuk pelek, "Sekarang saya lagi pakai pelek asli dan dop OEM Greco. Tapi setahu saya di Amerika yang versi DX, ada yang pakai pelek dan dop seperti ini juga,” kilahnya.

Sebenarnya ia sudah hampir dapat pelek alloy versi USDM. ”Tapi kalah cepat, keburu dibeli orang,” keluhnya.

Yang paling membanggakan adalah sunroof-nya. "Saya beli top cut asli AE101 Greco dari Medan. Cuma satu-satunya nih di Indonesia, hahaha," bangganya.

undefined
Sunroof hasil top cut asli AE101

Bukan hanya itu, sunroof ini adalah eks-Greco sedan 4 pintu versi luar Indonesia. "Pasangnya lebih gampang dan pastinya plafon dalam dan panel switch sunroof juga dapat," ujar ayah dua anak ini. Top!

Nah, di kabin ada pemandangan yang enggak lazim nih! “Saya pakai interior Greco versi JDM, katanya sih ini versi SE-G, varian paling tinggi. Warnanya kecokelatan,” ujar Aris bangga.

Namun karena jok depan belum terpasang, maka jok Recaro LX Grey Artista dengan headrest jaring pendek pun jadi pengganti sementara. 

undefined
Interior JDM

“Kalau jok belakang dan door trim sudah ganti semua,” tukasnya. Pernik langka di interior adalah map light, spidometer digital dan equalizer audio eks AE101. "Kalau di Amerika, spidometer ini dipasang di Greco tipe SE-L, termasuk sulit juga dapatnya nih," tukas Aris.  

Yang kurang cuma satu, setirnya masih di kanan nih! 

Data Modifikasi :
Eksterior: Bumper depan belakang USDM, headlamp dan corner lamp USDM, grill USDM, stoplamp dan garnis USDM, OEM sunroof AE101 
Interior : Full interior set Greco SE-G JDM, jok Recaro, spidometer digital OEM Greco SE-L USDM, setir TRD
Pelek dan kaki-kaki : Pelek OEM Greco dan dop OEM Greco

2. Corona Absolute

Toyota Corona Absolute milik Iwan Sadono memang selalu membuat mata terbelalak. Sekarang mobil ini sudah berubah menjadi Carina E yang beredar di benua Eropa. “Cuma surat yang bukan Carina, masih Corona, hahaha,” gelak Iwan, sapaan akrabnya.

undefined

 

“Jadi konsep modifikasinya adalah mengubah tampilan Corona Absolute menjadi Carina, Corona versi Eropa,” jelas pria ramah ini. 

Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan, karena Iwan harus mengumpulkan semua parts Carina yang diinginkannya. Sebut saja seperti bumper, gril, pelek dan lainnya. 

Yang pertama didapat adalah pelek Carina E di negara tetangga, Filipina. Pelek diameter 14 inci ini didapat dari rekan sesama pengguna Corona di sana.  

Akhirnya Iwan terus hunting kapan saja ia ada kesempatan jalan-jalan ke luar negeri. “Saya hunting sampai ke Thailand, Jepang, Jerman, Polandia, Finlandia, Inggris dan Austria,” bisiknya. 

Hasil jalan-jalan itu adalah head lamp dan corner lamp Carina UK, cover gril Carina E, front and rear bumper spoiler Carina, washer lamp Carina, fog lamp Hella untuk Carina, bumper, karpet Carina E, setir Carina E, roof rack OEM Carina E, Valeo corner light dan fender side marker, dan masih banyak lagi lainnya. 

Selain itu Iwan menambahkan beberapa parts Corona Absolute JDM seperti fender mirror, kaca belakang dengan wiper, cover jok, dan air purifier. 

Sementara interior didominasi aksesoris JDM untuk Corona. “Nyarinya juga enggak gampang loh!” serunya.  

Hebatnya lagi, Iwan rela menenteng beberapa barang itu sendiri langsung ke Jakarta. “Kaca cromax dan kaca belakang plus wiper itu saya tenteng sendiri, termasuk spidometer digital dan pelek,” ujarnya enteng. Luar biasa! 

Dari semua yang sudah terpasang, menurut Iwan yang paling langka ada moonroof OEM Carina E, pet moonroof OEM Carina, dasbor airbag Carina E, door trim dan bahan fabric jok Carina E.  

undefined
Nuansa JDM sangat kental di interior

“Justru parts langka inilah yang membuat mobil ini sudah ‘jadi’ Carina E,” bilang pemilik VW Karmann Ghia tipe 34 full restorasi orisinal ini.

Salut! (Otomotifnet.com/Kyn)

Data Modifikasi: 

Interior: OEM Carina Dashboard with Airbag, OEM Carina Center Console Dashboard, OEM Carina Headliner, OEM Dom light, OEM Sun visor, OEM Carina CDX Steering Wheel, OEM Carina Door trim, OEM Carina Fabric Seat, OEM Carina Switches, OEM Carina Floor Mat, OEM JDM Digital Speedometer, OEM JDM Con light, OEM JDM Pilar A Map light, OEM JDM Electric Seat, OEM JDM Under Tray, OEM JDM Arm Extension, OEM JDM Air purifier, OEM JDM Ashtray, OEM JDM Trash Bin, OEM JDM Emergency Flare, OEM JDM white Cover Seat
Eksterior: OEM Carina Carello Headlight with levelling, OEM Carina Headlamp Washer, OEM Carina Valeo Corner Light, OEM Carina Valeo Fender Side Marker, OEM Carina Hella Fog lamp, OEM Carina Front Bumper with chin, OEM Carina Rear Bumper, OEM Carina moonroof, OEM Carina Moonroof Deflector, OEM Carina Roof Rack, OEM Carina Ski Rack, OEM Carina Bicycle Rack, OEM Carina Mag Wheel Polished, OEM Carina Chromed Front Grill, OEM Carina Rear Lid Trunk Cover, OEM JDM Bumper Pole, OEM JDM Trunk Pole, OEM JDM Rear Spoiler, OEM JDM Rear Reflector Panel, OEM JDM Rear Wiper, OEM JDM kaca Cromax Glass Full set, OEM JDM Metal Rainguard, OEM JDM Electric Fender Mirror 
Pelek dan kaki-kaki : OEM JDM Premio Mag Wheel Polished 14 inci, OEM Carina wheel polished 14 inci  

Reporter : otomotifnet.com
Editor : Otomotif R4

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×