Jumat,10 Maret 2017 11:11 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Toyota Starlet 1.3 SE-G 1993 Impian Sejak Kecil

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Modifikasi Toyota Starlet 1.3 SE-G 1993 Impian Sejak Kecil

  • Foto: KYN/otomotifnet

    “Starlet ini impian gue dari kecil, dream come true!” seru Adit

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Facelift jadi Starlet GT, keren dan timeless!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Interior hampir lengkap, PR berikutnya adalah ganti jok dan door trim nih!

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Mesin standar Starlet GT sudah dilengkapi turbo, kencang buat harian

  • Foto: KYN/otomotifnet

    Pelek SSR Type F ukuran 15x6,5 inci dengan balutan ban GT Radial Champiro SX2 ukuran 195/50R15. Pas!


Sejak kecil sudah naksir berat dengan Starlet, karena kakak dan teman-temannya banyak yang pakai

Jakarta - “Bapak sampai kebingungan begitu gue minta beliin Starlet saja, enggak usah mobil baru,” gelak Aditya Fajar Dewanto, pemilik Toyota Starlet kapsul ini. Gimana enggak bingung, di saat anak seumurannya minta dibelikan mobil baru, ia malah minta hatchback favorit tahun 1990-an ini.

Beruntung kakaknya berteman baik dengan Yulfiardi, juragan bengkel GSS Engineering di kawasan Cibubur yang banyak bermain Starlet. “Pas ke sana ditawari Starlet yang sudah setengah jadi, tinggal nerusin,” ujar Adit, panggilan akrabnya.

Tak pakai pikir lama, tawaran ini pun langsung disambar, apalagi kondisinya masih cukup bagus. “Gue langsung kepikiran mau bikin tampilannya jadi Starlet GT,” serunya. Akhirnya, halfcut Starlet GT pun langsung dibeli.

 Mesin asli yang masih mengandalkan karburator pun dipensiunkan, berganti seri 4E-FTE bawaan halfcut. “Jeroannya masih standar, cuma ganti kabel busi, busi, koil, sama sistem gas buangnya saja,” jelas Adit lagi. Jadi lebih enak buat harian nih!

Begitu kelar, baru body parts Starlet GT dipasang. “Kap mesin, quad lamp, emblem, bumper depan belakang dan rear spoiler. Semua eks Starlet GT gen 2,” tukas pria 21 tahun ini.

Masuk ke interior, hampir sebagian besar komponen juga sudah berganti Starlet GT. “Gue juga pasang boost meter dan turbo timer untuk turbonya,” tukas pemukim di kawasan Jaktim ini. Sayang jok dan door trim masih standar ya…

“Akhirnya impian dari kecil kesampaian juga. Punya Starlet dan dimodif jadi Starlet GT!” seru mahasiswa jurusan sistem informasi ini. Luar biasa… * (Kyn/otomotifnet.com)

Data Modifikasi  
Mesin: 4E-FTE from EP82 GT Halfcut, NGK power cable, Denso iridium VK spark plugs, MSD Blaster SS coil, HKS SSQV blow off valve, custom 2,5 inci pipe exhaust dan muffler.
Eksterior: Facelift OEM EP82 GT Gen 3/Gen 2, kap mesin, corner lamp, quad lamp, gril dan emblem, bumper depan belakang, foglamp, spoiler
Interior: Dasbor OEM EP82 Starlet GT, spidometer, climate control, center console, OEM EP82 GT emergency flare, setir Momo Monte Carlo, Auto Gauge boost meter, Pivot turbo timer.
Pelek dan Kaki-Kaki: OEM EP82 GT front disc brakes, OEM EP82 GT front stabilizer bar, custom OEM EP82 GT spring with Kayaba Excel-G, pelek SSR Type-F 15x6,5 inci, Capricorn lug nuts, banGT Radial Champiro SX2 195/50R15

Plus: Mewujudkan impian dari kecil untuk memodifikasi Starlet
Minus: Jok dan doortrim masih standar

 

EDITOR

rio

Top