Modifikasi Off-road Jeep Cherokee Limited 1994, Mimpi Sang Anak Desa

  • Minggu, 12 Maret 2017 15:52 WIB

Modifikasi Off-road Jeep Cherokee Limited 1994 Mimpi Sang Anak Desa | Kodjang/otomotifnet

Kendaraan impian yang berhasil didapat setelah belasan tahun

Jakarta - Tahun 1995 jadi masa yang tak terlupakan oleh Yusuf Setyawan. Masih menuntut ilmu di bangku SMP nun jauh di Madiun, Jawa Timur. Itu kali pertama anak desa ini tertarik dengan mobil.

Bukan sembarangan, Yusuf langsung terpikat melihat Jeep Cherokee hijau, milik salah satu tetangganya. “Pikir saya, kelak harus punya mobil seperti itu,” kata Yusuf.

Setelah 16 tahun dan berhasil berkarir sebagai kontraktor, Yusuf akhirnya memetik buah impian dan meminang Jeep Cherokee Limited lansiran 1994. “Ini kendaraan Amerika pertama saya. Sebelumnya hanya pakai mobil Jepang untuk harian,” terang Yusuf.

Ditambah, Cherokee Limited pinangannya ini ada perbedaan dari yang kebanyakan beredar. “Setelah diusut, kabarnya ini versi built up, ada perbedaan sedikit di interiornya. Memang ini Cherokee saya dapat dari hasil lelangan Dewan Moneter,” jelas ayah dua anak ini.

Waktu pertama kali didapat, tunggangannya masih dalam kondisi bahan. “Sepertinya pernah nongkrong cukup lama. Jadi mesin dan girboks harus dibongkar,” jelasnya. Beberapa body part pun harus direkondisi.

Dulu, ternyata Yusuf hanya ke bengkel untuk servis rutin. Ketika harus bangun Cherokee ini, mau tak mau harus memberanikan diri mampir ke Otodesign di Pejaten Barat, Jaksel. Salah satu bengkel yang dikenal spesialis Cherokee.

Menahan belasan tahun tidak punya kendaraan, Yusuf bertekad agar tampil lebih sangar. “Saya suka Cherokee pakai ban besar. Dulu sempat pakai ban ukuran 33 inci, tapi dilihatnya kurang enak,” ucapnya.

Tunggangannya pun disiapkan dua set ban ukuran 35 inci, untuk harian pakai BF-Goodrich KM2 dan off-road pakai Simex Extreme Trekker.  Dari awalnya ban, berimbas berbagai sektor lain. Performa pun ditingkatkan, plus kaki-kaki pakai part heavy duty. Intinya, Yusuf tidak sayang buat dipakai main kotor.

“Ya lagian sayang juga kan, mobil buat off-road masa hanya dipakai di jalan aspal saja?” celetuknya. Jadi enggak sia-sia deh sudah punya ban Simex 35 inci! * (Rindra/otomotifnet.com) 


Mesin
Intake pakai Jeep Wrangler TJ yang lebih besar, filter udara K&N, pengapian dengan Peformance Distributors D.U.I, dan exhaust custom

Kaki kaki
Gardan sudah reinforced agar kokoh, dalaman gardan pakai lansiran Yukon pada as roda dan final gear. Dipasangkan juga locker Detroit Truetrac di gardan depan dan belakang

Ban
Ban BF-Goodrich KM2, membalut pelek Mickey Thompson

Jok
Jok menggunakan bahan kombinasi kulit dan karung dengan nuansa krem.

Plus: Buat off-road, tapi masih nyaman untuk harian
Minus: Interior susah dibersihkan setelah off-road

Data Modifikasi

Mesin    : AMC 242
Intake    : Wrangler TJ
Pengapian     :  D.U.I
Filter Udara    :  K&N
Injector      :  Ex Volvo
Exhaust    :  Custom
Gearbox    :  AW4 Aisin Wagner 4 speed
Gardan      :  OEM Cherokee
As Roda    :  Yukon Chromolly
Final Gear     : Yukon 4:88
Suspensi      :  Rough Country
Ban             :  BF-Goodrich 35 inci Simex Extreme Trekker 35 inci
Pelek           :  Mickey Thompson Beadlock
Bumper        :  Custom Otodesign
Roof rack      : Custom Otodesign
Overfender    :  Bushwacker
Head lamp    :  Rampage
Winch          :  Warn 9.5 Cti

Reporter : otomotifnet
Editor : Otomotif R4

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×