Sabtu,11 Maret 2017 08:17 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Jeep JK Wrangler 4 door Rubicon 10th Anniversary 2014

  • Foto: Kodjang/otomotifnet

    Jeep JK Wrangler 4 door Rubicon 10th Anniversary 2014 Anniversary Edition Addicted

  • Foto: Kodjang/otomotifnet

    Gardan: Dana 44 (depan/belakang)

  • Foto: Kodjang/otomotifnet

    Jok lapis Kulit

  • Foto: Kodjang/otomotifnet

    Mesin: 3.6 L Pentastar V-6

Bukan sekadar kumpulan barang Anniversary, butuh perjuangan berat untuk mewujudkan JK satu ini

Jakarta - Dahulu, saat tersiar kabar akan muncul Jeep Wrangler JK Rubicon 10th Anniversary tahun 2013. Sebagai penggemar sejati Jeep, Ari Utama pun galau dan bertekad untuk mendapatkannya.
 
“Dari sekian warna dan komposisi yang ditawarkan, saya memilih warna unvil blue dengan kombinasi jok berwarna merah. Wuih, cukup seronok, tapi saya suka,” jelas bapak 2 anak ini.

Namun, untuk mendapatkan keinginannya, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perihal barang berstatus anniversary edition, bukanlah hal baru bagi Ari.

Tak lama setelah berhasil mendapatkan jip impiannya, ia berhasil mendapatkan bumper Mopar Anniversary Edition. “Mungkin saya orang pertama yang memilikinya di Indonesia, itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri,” jelas pengusaha yang bergerak dalam bidang perminyakan ini.
 
Bahkan, jauh sebelum ia berhasil meminang jip dan bumpernya, Ari sudah punya winch legendaris Warn 8274 60th Anniversary. “Telah beberapa kali punya JK atau Jeep lainnya, namun entah mengapa saya tidak ‘sreg’ untuk memasang winch istimewa ini.

Seperti perasaan bahwa suatu hari nanti akan ada yang paling cocok dan pantas menyandangnya,” tuturnya. Bagi Ari, JK yang satu ini bukan sekadar kumpulan barang-barang anniversary belaka.

“Semuanya butuh proses, dan hampir kesemuanya saya peroleh dengan perjuangan dan kesabaran. Di situ ada kebanggaan, emosi, kesabaran, keberuntungan dan olah rasa untuk dapat mewujudkannya,” ujarnya.  “More than anniversary thing,” tutup Ari. * (Rindra/otomotifnet.com)

 

Mesin: Mesin V6 3.600 cc Pentastar agar lebih optimal, komputer mesin diprogram ulang dengan menambahkan modul ProCal racikan American Expedition Vehicle (AEV).

Jok: Jok berlapis kulit merah menjadi salah satu ciri 10th Rubicon Anniversary.

Gardan: Gardan Dana 44 di depan dan belakang, dilengkapi Limited Slip Differential Tru-Lok yang diaktifkan secara elektronik. Perangkat ini bekerja pada saat shifter transfercase diposisikan pada 4L.

Suspensi: Suspensi lift 2.5 inci pas dengan ban 37 inci BFGoodrich, berpadu dengan pelek alloy AEV Savegre. Untuk penyesuaian, arm suspensi depan diberikan adaptor drop kit, sementara arm belakang diganti sepenuhnya dengan merek Synergy.

Bumper: Bumper depan belakang paiaki Mopar Anniversary, di depan disandingkan winch legendaris Warn M8274 yang juga produk 60th Anniversary.

Kap Mesin: Kap mesin Mopar Anniversary dilengkapi dengan louvre alias kisi-kisi udara pelepas panas.

Atap: Atap kanvas dipilih produk California Top dengan tipe cargo top. Perangkat ini merupakan produk dari Kanada dan dibuat secara hand made. Konon untuk mendapatkannya harus rela menunggu lama, karena merupakan produk rumahan yang pembuatannya dikerjakan oleh tiga orang saja.

Fender: Overfender Mopar Hi-Fender rongga ekstra lebar menjadi ciri, dan cocok untuk penggunaan ban extrabesar, tanpa harus banyakan rombakan pada suspensi dan bodi.

Data Modifikasi
Mesin: 3.6 L Pentastar V-6
Transmisi: 5 speed otomatik W5A580
Transfercase: 2 speed part-time NVG 2410R Rock Trac with 4.1 Low range
Gardan: Dana 44 (depan/belakang)
Final gir: 4.11 : 1
Pelek: AEV Savegre 8.5 x R17
Ban: BFGoodrich MT KM2 37 x 12.5 x R17 inci
Overfender: Mopar Hi-fender
Winch: Warn M8274 60th Anniversary (2008)
Bumper: Mopar Anniversary (depan/belakang)
Tire hanger: AEV
Hood: Mopar Anniversary
Foot step: Rockrail
Suspension lift: AEV 2.5 inc
Drop kit arm: AEV (depan)
Rear Link Arm: Synergy
Soft top: California Top type cargo top

Bengkel:
Jeep Craft Unlimited
Bursa Otomotif Sunter
Jl. Yos Sudarso no 12 kav 87 & 88
Telp: 021-2956 2782/0813-8164 1314

Plus: Lebih gagah dari JK Anniversary aslinya
Minus: Sayang buat off-road

EDITOR

rio

Top