Sabtu,11 Maret 2017 14:30 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Honda Jazz RS 2013, JDM Street Racer

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    JDM Street Racer

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    Jok ini menggunakan rangka asli GK5 yang didesain ulang bagian rangka dan busanya oleh Honda Access dengan label Modulo. Harganya nyaris Rp 30 juta

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    Kabin juga dipenuhi pernik Honda Access

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    Overfender dari Garage Vary ini statusnya langka di Indonesia, langsung impor dari Jepang

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    “Semuanya plug and play, karena memang aksesori resmi untuk Jazz ini,” terang Marshall

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    “Semuanya plug and play, karena memang aksesori resmi untuk Jazz ini,” terang Marshall

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    Bocorannya, dapur pacu akan diganti dengan mesin spek Jepang, L15B DOHC Earth Dreams

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    Ada modul Electronic Damping Force Controller Advance Pro buatan Tein. Modul ini dapat menyesuaikan tingkat kekerasan keempat sokbreker dari G Force yang terjadi. Seperti saat bertambahnya kecepatan, belokan, pengereman maupun akselerasi.

  • Foto: Rendy/otomotifnet

    Pelek Volk Racing CE28 Club Racer

Aplikasi banyak peranti JDM dengan konsep balap jalanan

Jakarta - Boleh jadi ini salah satu Honda Jazz GK5 dengan modifikasi bergaya street racing terbaik saat ini. Ini karena GK5 milik Teddy Saliman yang dibangun ASCO Motorsport, dikerjakan dengan konsep yang sangat serius.

Banyak sekali peranti Honda Fit Jepang yang dipasangkan dalam bodi Jazz ini. Lantas pemasangan berbagai macam peranti performa tak asal pasang, plus semua berfungsi baik dengan kualitas terbaik. * (Rendy/otomotifnet.com)

Eksterior
Didandani sporty tak cukup dengan balutan stiker striping merah, namun juga aplikasi peranti aerodinamika asli Jepang dan jarang diaplikasi. Kalau spoiler Mugen sudah terlalu awam, maka GK5 ini banyak tersemat printilan Honda Access seperti daytime beam light, LED fog light dan aqua clean blue mirror.

“Semuanya plug and play, karena memang aksesori resmi untuk Jazz ini,” terang Marshall, komandan bengkel ASCO Motorsport. Aksesori yang menegaskan konsep JDM antara lain Honda Fit JDM front rubber lip splitter dan tail lamp yang dicomot dari Fit versi hybrid.  

Interior
Kabin juga dipenuhi pernik Honda Access. Alasannya lebih aman karena produknya didesain khusus untuk Jazz, sehingga hasilnya presisi dan sensasi yang sangat mewah.  “Hampir tidak seperti mengendarai Honda Jazz,” kata Marshall Christian.

“Untuk aksesori yang berhubungan dengan elektrik, ditambahkan sekering baru demi menambah keamanan, sekaligus menghindari korsleting atau kebakaran apabila ada kerusakan,” terang Marshall lagi.
 
Agar terdapat persamaan dengan versi Jepang-nya, ASCO Motorsport melakukan rombakan seperti penyematan Black Face Cluster, head unit yang terintegrasi dengan MID function, serta HDMI dan USB Panel. Jok juga diganti semi-bucket Modulo.

ASCO Motorsport juga mengganti sistem setir menggunakan Nardi Deep Corn ukuran 330 mm, yang dikombinasikan paddle shift Neo keluaran Works Bell Japan. Efeknya adalah selain setir lebih nyaman digenggam, perpindahan transmisi melalui lingkar kemudi masih dimungkinkan.

“Instalasi paddle shift tidak ada kesulitan karena sudah pernah pasang di Jazz sebelum-nya. Tetapi butuh perhatian khusus untuk menghindari kerusakan pada sensor airbag dan kemungkinan korsleting,” jelas Marshall.

Mesin
Beralih ke sektor performa, ASCO Motorsport memfokuskan diri pada peningkatan tenaga melalui revisi gas buang dari mulai front pipe dan down pipe dari Kansai, serta center pipe dan muffler versi J’s Racing Sus 304.

“Agar output-nya optimal, dibantu dengan manipulasi komputer oleh Dastek Unichip,” jelas Marshall. Menurutnya lagi, spek ini sudah sama persis dengan Jazz yang beradu balap di ajang ajang Honda Jazz Speed Challenge. Lebih dari cukup untuk pemakaian harian.

Kaki-Kaki
Pelek Volk Racing CE28 Club Racer ini juga termasuk tidak mudah  didapat. “Biasanya khusus digunakan untuk balap di Jepang. Perbedaannya di bobot yang lebih ringan,” kata Marshall. 

Lanjut Marshall lagi, sistem suspensi di-upgrade dengan pemasangan stabilizer Cusco dan rigiditas lantas dikurangi lewat aplikasi Spoon rigid collar.  

Data Modifikasi:

Mesin: J's Racing Sus 304 muffler & center pipe, Pivot Mega Raizin, Alpha throttle control, OBMonitor, Spoon Sport (oil cap, radiator cap, ground wire), K&N Air Filter, Kansai down pipe & front pipe, piggyback Dastek Unichip Q4

Interior: OEM Honda FIT JDM Head Unit Integrated with MID Function & HDMI and USB Panel, Honda Access (Auto Dimmed Center Mirror, foot light kit, door lining illumination, center light console, drive recorder, arm rest pad, rubber mat, pedal kit, door trim smart cover, tow gate strap, cargo mat, LED bulb), Works bell paddle shifter kit (Custom By ASCO Motorsport), Spoon Sport Steering Boss Kit, setir Nardi Deep Corn 330 mm, Honda NSX Type-R genuine horn hutton, Honda Fit RS JDM black face cluster, Modulo front semi-bucket seat

Kaki-kaki: Cusco front swaybar, Cusco rear sway bar, Spoon Sport rigid collar front and rear side, Tein Flex-Z 2 Way coilover, EDFC Active Pro, GPS Kit, Spoon Sport twin block caliper, brake pad, brake line, 282 mm brake disc rotor, Mugen heptagon lug nut, pelek Volk Rays CE28 Club Racer 15x7 ET 38, ban Toyo R1R 205/50R15, OEM Honda Fit JDM rear disc brake convertion, precision camber bolt, J’s racing (front strut bar, room bar, pillar bar, x-bar), Mugen front under spoiler kit, ventilated visor

Eksterior: Garage Vary over fender trim cover, additional tail gate, J’s Racing Shark Fin Antenna, Modulo wing spoiler, Honda FIT JDM front rubber lip splitter, Honda Fit hybrid rear tail lamp, Honda Access (daytime beam light, LED fog light, Euro horn, aqua clean blue mirror, sill protection film, door handle protection film), Honda Fit RS JDM piano black tailgate garnish, Honda Type R Genuine red emblem, Honda Fit genuine emblem & emission Sticker, J’s Racing rear tow hook, 3M Crystalline window film, custom body sticker  


Plus:  Konsep JDM aftermarket dengan spesifikasi lengkap
Minus: Totalitas konsep, tentu bersanding dengan biaya yang cukup tinggi

ASCO Motorsport: 021-450 8722

 

EDITOR

rio

Top