First Impression Ford Mustang GT 5.0 2017, Kuda Amerika 435 DK

  • Kamis, 9 Maret 2017 12:24 WIB

First Impression Ford Musteng GT 5.0 2017 Kuda Amerika 435 DK | Salim/otomotifnet

GT 5.0 2017 Pertama yang kami temui di Indonesia
    
Bogor
- Siapa yang tak kenal Ford Mustang, namanya begitu melegenda sebagai salah satu mobil sport ikonik asal Amerika. Beruntungnya kami menemukan generasi terbaru ‘pony car’ ini di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Bisa jadi ini adalah Ford Mustang GT 5.0 generasi terbaru (2017) pertama yang kami temukan di Indonesia. Dibawa oleh J Trans, importir ini mengincar para kolektor dan car enthusiast di Indonesia.

Ciri Khas 50 Tahun

Mustang generasi keenam ini tetap membawa ciri khas Mustang sebagai salah satu kelas pony car paling terkenal di dunia. Di kelasnya, rival abadinya adalah Pontiac Firebird dan Chevrolet Camaro.

Desain bonnet yang mancung, dengan kap mesin panjang dan bentuk buritan yang pendek, ciri khas Mustang yang tetap dipertahankan. Selain itu, desain lampu baik head lamp maupun stop lamp berteknologi LED-nya, juga dipertahankan sebagai ciri khas yang tidak berubah selama 50 tahun lebih, sejak ia dilahirkan.

“Membawa nama GT, itu berarti dapur pacu yang ditanamkan berkonfigurasi huruf V, delapan silinder, 5.000 cc,” terang Julia Irianto Nasution, pemilik J Trans. Dapur pacu V8-nya mampu menelurkan tenaga buas hingga 435 dk dengan torsi berlimpah di angka 542 Nm.

Peningkatan tenaga dibandingkan model sebelumnya, diklaim dihasilkan lewat desain intake dan exhaust valve yang lebih besar. Si hitam ini berspek transmisi otomatis 6 percepatan.  

Melihat sektor kaki-kaki, pelek yang disematkan sudah pelek spek opsionalnya. Masuk kategori GT Performance Package Wheels, dengan desain mesh berkelir ebony black.

Kalau pelek standarnya adalah 18 inci, di mobil ini, disematkan pelek berdiameter 19 inci yang dibalut alas karet Pirelli Pzero berukuran 255/40R19 (depan) dan 275/40R19 (belakang). Sebagai peranti deselerasi, nama Brembo tersemat di keempat rodanya. * Rendy/otomotifnet.com   J TRANSPORT: 0853-1111 6417

Interior Aura Retro

Masuk kabin, Mustang menawarkan konsep retro yang simpel elegan juga modern. Desain dasbor dan konsol tengah terkesan mewah, dengan berbagai tombol-tombol yang terbagi dalam cluster-cluster yang mudah dipahami.

Bagi yang pertama kali masuk dalam kabinnya, akan mudah akrab dengan berbagai fitur yang disediakan. Untuk sistem hiburan di kabin, tersedia AM/FM stereo, single-CD/MP3 player serta 12 speaker, termasuk dengan subwoofer 8 inci yang ditaruh di dinding bagasi.

Sehingga sama sekali tidak mengorbankan ruang bagasi, yang sebenarnya juga termasuk besar. Teknologinya radionya sudah HD Radio yang diklaim mengurangi efek distorsi, buzz ataupun ‘kresek-kresek’.
 
Bisa Burn Out

Tepat di bagian bawah pengaturan AC, ada tombol pilihan mode mengemudi, dalam pilihan kondisi Normal, Snow/Wet, Sport atau Track. Ini juga mengatur karakter handling serta respons mobil sesuai dengan berbagai kondisi.
 
Sebagai fitur standar untuk semua model/varian, ada yang disebut performance metric, yang tersaji lewat layar 4,2 inci di balik setir. Sudah ada fitur accelerometer yang memperlihatkan lateral dan longitudinal G-force saat kita bermanuver, serta informasi acceleration time dan countdown starts.
 
Pada model GT dan GT350, ada fitur Electronic Line-lock, yang menjaga roda depan terkunci saat Mustang ini memutar roda belakang.

Ini memudahkan untuk para pengemudi yang ingin ‘memanaskan’ roda belakang, tanpa mesti menginjak pedal gas dan rem secara bersamaan. Ya, buat yang suka ‘burn out’, fitur ini menyenangkan.
 
Sebenarnya di varian GT dan GT350 ada juga fitur Launch Control, yang terintegrasi dengan sistem rem, kontrol traksi dan kontrol tenaga untuk hasilkan laju awal (start) yang halus dan konsisten. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat pada versi manual.

Ada 4 Pilihan Mesin

Untuk generasi keenam ini, Ford menawarkan 4 pilihan spek mesin yang berbeda. Yang pertama adalah mesin 2.3 EcoBoost  bertenaga 310 dk dengan torsi 433 Nm. Kemudian ada mesin V6-nya yang 3.700 cc, hasilkan daya 300 dk dengan torsi 370 Nm. Lantas pilihan ketiga, adalah mesin V8 5.000 cc seperti pada model ini.

Dan terakhir atau pilihan keempat, yang meruupakan kasta tertingginya, adalah Mustang Shelby GT350 dan GT350R, dibenamkan mesin V8 berkapasitas 5.200 cc, punya output tenaga 526 dk dengan torsi 581 Nm.  

Reporter : otomotifnet
Editor : Otomotif R4

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×