Mustahil Jalan Sendiri, Ini Jaringan Industri Pendukung Mobil Pedesaan

  • Kamis, 9 Maret 2017 17:15 WIB

Jaringan industri pendukung tengah disiapkan guna mendukung program mobil pedesaan | toncil/otomotifnet

BALI - Jika hanya mengandalkan Industri Kecil Menengah (IKM) saja tentu sulit mengejar kualitas dan kuantitas yang setaraf dengan industri perakitan mobil kelas kakap.

Oleh karenanya perlu pendamping dalam pengembangan mobil pedesaan yang punya kapasitas mesin dibawah 1.000 cc ini.

Industri pendukung terjalin dalam bentuk jaringan. Nantinya mobil pedesaan akan dibekali varian mesin bensin dan diesel, serta ada varian penggerak 4x2 juga 4x4.

“Mobil pedesaan tentu punya komponen yang banyak, bisa sampai 2.000 komponen. Oleh karenanya, kita perlu melibatkan semua vendor lokal. Tujuannya untuk membangun industri yang mandiri,” terang Made Dana Tangkas, Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI).

Saat ini, desain mock-up mobil pedesaan tengah dilombakan di gelaran Expo Industri Kreatif Mobil dan Motor Seni (EIKMMS) yang berlangsung di Bali Creative Industry Center, Denpasar, Bali (7-12/03).

Melalui desain mock-up karya para mahasiswa dari 4 perguruan tinggi ini nantinya akan menjadi acuan bentuk mobil pedesaan.

Tentunya perlu ekosistem industri yang saling terkoneksi. “Jaringan industri diperlukan untuk mendukung suplai komponen. Jadi ini fokus melibatkan industri komponen dalam negeri,” lanjut Made.

Seperti apa jaringan industri yang dimaksud, yuks simak foto berikut ini; (Otomotifnet.com)

jaringan industri mobil pedesaan
Pengembangan mobil pedesaan perlu ekosistem yang saling terkoneksi

Reporter : Harryt MR
Editor : toncil

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×