Kamis,9 Maret 2017 08:30 WIB

Penulis: Harryt MR

Mobil Pedesaan

Ini Bentuk Sketsa 2B Mobil Pedesaan, Simak Detailnya

Foto: Patar Butarbutar

Mobil pedesaan 2B direncanakan punya varian double cabin

BALI - Mobil pedesaan memasuki tahap pembuatan prototype yang melibatkan karya desain mock-up dari 5 universitas. Bentuk mobil pedesaan mencakup 2 skema, yakni 2A dan 2B. Kedunya punya platform bentuk yang sama, yaitu pickup.

Desain mock-up mobil pedesaan akan dipamerkan dalam ajang Expo Industri Kreatif Mobil Dan Motor Seni (EIKMMS) yang berlangsung 7-12 Maret 2017 di Bali Creative Industry Center (BCIC).

OTOMOTIFNET coba menggambarkan ulang kedua sketsa mobil pedesaan ini. Yuks, simak ulasannya;

Sketsa Mobil Pedesaan 2B
Mobil pedesaan 2B akan melibatkan pabrikan besar otomotif

Skema 2B (Pick-up & Double Cabin)

Selain menyediakan model pickup, skema 2B juga direncanakan ada varian model double cabin. Pengembangan prototype 2B digarap oleh pabrikan otomotif nasional.

“Skema 2B akan melibatkan pabrikan otomotif. Toyota sudah ditawari Pemerintah. Dalam hal ini Toyota akan membantu membuat prototype 2B,” terang Made.

Pun begitu dengan pabrikan lainnya, seperti Daihatsu, Suzuki, Mitsubishi, Nissan dan sebagainya. Namun bukan berarti nantinya ada ketimpangan, pihaknya bersama Pemerintah akan berlaku adil untuk kedua skema.

Sketsa mobil pedesan
Direncanakan punya pilihan penggerak roda 4x2 dan 4x4

Untuk mesin, tetap pakai konfigurasi dibawah 1.000 cc yang dilengkapi pilihan bahan bakar bensin dan diesel.

Begitu pula dengan penggerak transmisinya, ada varian 4x2 dan 4x4. Kabarnya prototype 2B sudah jadi, yang dibuat oleh Toyota Indonesia.

Uji tipe pun sudah dilakukan. “Kita yakin dan berusaha lolos uji tipe. Pemerintah mendukung, kita terus kordinasikan,” lanjut Made, seraya bilang kapasitas angkutnya berkisar 1-2 ton.

IOI juga akan melibatkan Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (GATOMI) yang rencananya akan mensuplai komponen dan aksesoris pendukung mobil pedesaan.

GATOMI merupakan wadah berkumpulnya pebisnis aftermarket yang membawahi ratusan merek. Mulai dari suku cadang, audio, chemical, hingga aksesoris pendukung lainnya. (Otomotifnet.com)

EDITOR

toncil

Top